Pengertian Microsoft Word Beserta Fungsi, Versi dan Sejarah

Bagikan

Sebelum belajar Microsoft Word secara praktik sebaiknya kita memahami terlebih dahulu tentang Apa itu Microsoft Word dan sejarahnya. Sehingga kita mendapatkan gambaran awal yang akan mempermudah proses belajar.

Pengertian Microsoft Word

Microsoft Word adalah sebuah program atau aplikasi perangkat lunak (software) pengolah kata yang dikembangkan oleh Microsoft untuk membuat, mengedit dan mencetak sebuah tulisan dalam bentuk softcopy (file) maupun hardcopy (hasil print).

Microsoft word dibandingkan tulisan tangan dan mesin ketik

Aplikasi Microsoft Office Word diciptakan sebagai pengganti mesin ketik jaman dulu. Tujuannya adalah untuk membantu mempermudah kita dalam membuat berbagai jenis dokumen baik untuk keperluan personal ataupun pekerjaan (bisnis).

Fungsi Microsoft Word

MS Word memiliki 3 fungsi utama yaitu:

  1. Membuat dokumen. Microsoft Word memungkinkan penggunanya untuk membuat sebuah dokumen yang diawali dari halaman kosong (blank page). Selain blank page, pengguna juga dapat membuat dokumen dari template yang sudah ada. Microsoft telah menyediakan beberapa template dengan desain yang cukup menarik pada software ini.
  2. Mengedit dokumen. MS Word dapat digunakan untuk mengedit dokumen yang telah tersimpan. Hampir semua format dokumen teks dapat dibuka pada software ini.
  3. Mencetak dokumen. MS Word juga bisa digunakan untuk mencetak dokumen melalui printer. Software pengolah kata ini dapat memformat teks sesuai dengan kebutuhan. Hasil cetak dari aplikasi ini sesuai dengan pengeditan yang dilakukan di komputer.

Secara spesifik, software ini dapat digunakan untuk berbagai macam dokumen. Berikut ini adalah jenis dokumen yang bisa dibuat dengan MS Word:

  • Surat,
  • Laporan / paper,
  • Proposal,
  • Berita,
  • Brosur,
  • Katalog,
  • Poster,
  • Flyer,
  • Spanduk,
  • Kartu nama,
  • Kartu ucapan,
  • Nota,
  • Kemasan produk,
  • Sertifikat,
  • Dan masih banyak lagi.

Lalu kenapa sih kita harus menggunakan MS Word ini setiap kali kita membuat dokumen? Jawabannya adalah karena fitur yang disediakan sangat banyak dan dari situlah ada manfaat yang akan kita dapatkan.

Manfaat dan Keunggulan Microsoft Word

  1. Efektif dalam menyelesaikan pekerjaan. Dengan adanya aplikasi ini kita tidak perlu repot menulis atau menggunakan mesin ketik model lama. Jika kita menggunakan mesin ketik dan terjadi kesalahan penulisan maka kita akan kesulitan memperbaikinya. Sehingga kita perlu mengulang dari awal lagi apa yang kita tulis. Berbeda dengan software ini, kita hanya perlu menghapusnya jika terjadi kesalahan.
  2. Efisiensi dalam menyelesaikan pekerjaan. Ada banyak fitur yang disajikan di dalam aplikasi ini. Fitur-fitur tersebut dapat membantu mempersingkat waktu pengerjaan ketika kita membuat suatu dokumen.
  3. Menekan Biaya dan Mendukung era Paperless. Pada zaman modern ini, kertas sudah bisa digantikan dengan file digital. Ini akan menghemat biaya pengeluaran. Belum lagi biaya tinta yang dikeluarkan atau ruangan tempat kita mengarsipkan dokumen dan lain-lain. Tentu banyak sekali biaya operasional yang kita keluarkan untuk menangani hal itu bukan?

Sejarah Microsoft Word

Pada tahun 1981, Ms Word dikembangkan untuk pertama kalinya oleh Charles Simonyi dan Richard Brodie. Keduanya adalah programmer dari Xerox Bravo yang menciptakan konsep WYSIWYG (What You See Is What You Get). Lalu mereka direkrut oleh Bill Gates dan Paul Allen untuk bergabung bersama Microsoft.

Foto charles simonyi penemu ms word

Di tahun 1983, MS Word diluncurkan dalam bentuk MS DOS. Lalu diikuti oleh 4 versi yang hampir sama tapi tidak begitu sukses pada saat itu.

Barulah di tahun 1989 versi pertama Ms Word untuk Windows diluncurkan. Kemudian disusul dengan rilisinya windows 3.0 di tahun 1990. Software ini menjadi semakin diminati.

Kemudian di tahun 1991 versi 2.0 muncul. Dua tahun selanjutnya versi 6.0 dirilis, yang mana namanya sempat diganti dengan Ms Word 95, Ms Word 97 dan seterusnya. Hingga perkembangannya semakin pesat ketika rilisnya MS Word 2000 dan MS Word for Office XP (Karena pada saat itu microsoft juga mengkomersilkan Windows XP).

Nama versi dari software ini pun masih mengacu pada tahun rilisnya hingga tahun 2003 ketika Ms Word 2003 dirilis. Sejak itulah Word silih berganti merilisi versi terbarunya. Versi terbaru saat ini adalah Microsoft Word 2019. Untuk lebih lengkapnya mari kita bahas!

Versi Microsoft Word

Untuk memudahkan kalian memahami apa saja versi ms word yang sudah dirilis oleh microsoft selama ini, simak table berikut ini.

TahunVersi MS WordFitur dan Perubahan
1989MS Word untuk Windows 1.0Tahap awal Ms Word
1990MS Word untuk Windows 1.1Tahap awal
1990MS Word untuk Windows 1.1aTahap awal
1991MS Word untuk Windows 2.0Tahap awal
1993MS Word untuk Windows 6.0Tahap awal
1995MS Word untuk Windows 95Tahap awal
1997MS Word 97Perubahan besar dari segi tampilan, maupun fitur yang disajikan. Mulai banyak digunakan di masyarakat.
1998Microsoft Word 98Penyempurnaan Word 97.
1999Microsoft Word 2000Adanya taambahan fitur clipboard untuk penyimpanan sementara saat user melakukan copy, paste, ataupun cut
2001Microsoft Word 2002Adanya styles untuk bulled list dan table. Sudah mendukung watermarks di dokumen.
2003Microsoft Word 2003Adanya voice comment.
2006Microsoft Word 2007Adanya tampilan Ribbon. Fitur SmartArt. Penyesuain tampilan yang signifikan.
2010Microsoft Word 2010Adanya Backstage view di tab info untuk melihat overview dokumen.
2013Microsoft Word 2013Bisa impor file PDF.
2016Microsoft Word 2016Terintegrasinya dokumen dengan cloud
2019Microsoft Word 2019Versi terbaru saat ini. Sudah support LaTex.

Penutup

Itulah deskripsi singkat dan rangkuman mengenai pengertian, fungsi serta sejarah dari microsoft word yang akan kita pelajari. Fungsi yang dimiliki aplikasi ini tentu sangat banyak membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan bagi pekerja. Tidak hanya itu, software ini juga sering digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah bagi para pelajar.

Postingan Terbaru

test post

Halaman sudah dilihat : 2,402

Aplikasi Remote Desktop Terbaik

Banyak teknisi IT yang perlu membantu setiap permasalahan yang terjadi di komputer pelanggan. Namun, mungkin saja terjadi beberapa halangan yang menyebabkan teknisi tersebut tidak dapat langsung